Sabtu, 08 Agustus 2015

19.01 | by Smpn 2 Srengat | No comments

                Saat itu hari Rabu 24 Juni 2015 pagi, pukul 08.00 WIB. Kami Tim Peneliti SMPN 2 Srengat beserta guru – guru pendamping dan juga beberapa anggota OSIS berkunjung ke Pantai Jebring dengan mengendarai sepeda motor. Untuk berangkat, kami mengambil rute perjalanan dari Kota Blitar, menuju Kecamatan Lodoyo, lalu Desa Ngeni, dan Dusun Banyu Urip, Desa Ngadipuro.

 Pada saat masih di daerah perkotaan jalannya masih sangat nyaman dan layak digunakan, namun untuk jalan yang ada di lereng gunung juga di daerah pedesaan jalannya semacam aspal yang sudah rusak. Ada sebagian jalan dan jembatan yang sudah diperbaiki namun masih belum selesai. Kami pun juga melihat beberapa material – material seperti batu dan pasir di pinggir jalan, yang menandakan bahwa jalan tersebut sudah mulai diperbaiki.
                Setelah sampai di sebuah perempatan di dekat SDN Wonotirto 3 kami berhenti di sebuah joglo balai Dusun Banyu Urip, Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonortirto, Kabupaten Blitar. Di sana terdapat beberapa gambar denah lokasi dan juga nama pantai – pantai yang ada di Kabupaten Blitar dan juga 10 pantai yang ada di Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Pada beberapa gambar denah tersebut di pojok kiri bawahnya terdapat tulisan KKN UGM 2012, yang berarti bahwa sudah pernah ada mahasiswa yang melakukan bakti sosial di Wisata Pantai Jebring.
                Kami pun melanjutkan perjalanan menuju Pantai Jebring dengan harapan jalan yang tidak separah jalan yang kami lewati tadi. Namun ternyata, jalannya pun masih berupa tanah berbatu yang sangat beresiko tinggi membuat tergelincir pengendara sepeda motor. Bahkan salah satu dari guru pembimbing kami pun sampai turun dari sepeda motor dan melanjutkan perjalanannya dengan berjalan kaki sampai menemukan jalan yang tidak begitu parah. Tetapi kebanyakan jalannya masih rusak parah dan banyak bebatuan. Jadi, dengan terpaksa Beliau pun memberanikan diri menaiki kendaraannya lagi.
                Di jalan menuju pantai kami melihat beberapa petunjuk di pinggir jalan yang menunjukan arah menuju ke pantai – pantai di Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Dan pada petunjuk – petunjuk itu pun di pojok kiri bawahnya juga terdapat tulisan KKN UGM 2012. Sesampai di jalan sekitar satu Kilo meter dari pesisir Pantai Jebring jalannya sudah dipasang beton – beton. Namun, belum tersedia tempat parkir di sana. Jadi, kami langsung memarkirkan kendaraan dan juga meletakkan barang - barang kami di salah satu gazebo sederhana yang terdapat di sana.
                Di Pantai Jebring tidak ada satu pun pengunjung selain kami. Dan belum memiliki fasilitas penunjang untuk pariwisata. Kami hanya melihat dua gazebo sederhana dan tumbuhan hijau yang baru ditanam. Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat memanjakan mata, dan hawanya pun sangat sejuk dan menyegarkan. Di samping pantai terdapat tebing yang bagaikan tembok pembatas antara pantai satu dengan  lainnya, terdapat juga batu karang besar indah yang terdapat di pesisir Pantai Jebring.

                Dari pengalaman kami tersebut maka, untuk yang ingin berkunjung ke Pantai Jebring mereka harus membawa bekal sendiri dari rumah, dan juga mengendarai kendaraan yang kuat untuk tanjakan yang jalannya rusak. Dan usahakan pula tidak ingin buang air di sana karena tidak terdapat kamar mandi. Jika benar – benar tidak bisa ditahan pun harus ke permukiman penduduk yang jaraknya lumayan jauh dari lokasi Pantai Jebring. Di permukiman penuduk pun tidak setiap rumah memiliki kamar mandi, di sana hanya terdapat kamar mandi umum yang sangat minim air.

0 Komentar :

Search Our Site