Senin, 10 Agustus 2015

17.04 | by Smpn 2 Srengat | 1 comment
9 Pantai Di Sekitar Pantai Jebring
Pantai Jebring merupakan pantai yang berada di sebelah Selatan Pulau Jawa. Tepatnya terletak pada Dusun Banyu Urip Desa Ngadipuro Kecamatan Wonotirto. Di sekitar pantai Jebring terdapat beberapa pantai seperti, Pantai Pudak, Pantai Bakung, Pantai Benelan, Pantai Dungdowo, Pantai Selok Dadap, Pantai Selok Kancil, Pantai Keben, Pantai Pricen, Pantai Wedi Ireng. Jumlah pantai di Kecamatan Wonotirto adalah 10 pantai.
Pantai Pudak. Pantai Pudak mempunyai air laut berwarna biru sangat jernih yang bisa menenangkan pikiran bagi siapa saja yang melihatnya secara langsung. Dari kejauhan tampak pulau-pulau kecil yang berada di tengah lautan serta tebing-tebing karang yang membatasi bibir pantai dengan lautan luas. Pasir yang berwarna putih kecoklatan menghampar dan menutupi seluruh permukaan Pantai Pudak yang cukup luas. Pantai yang cukup luas tersebut bisa digunakan sebagai tempat untuk bermain. Semilir angin laut yang berhembus menambah kesejukan suasananya.

Pantai Bakung adalah pantai terpanjang dari keempat pantai yang kami kunjungi kali ini. Sepintas kondisi pantainya mirip dengan Pantai Peh Pulo, daratan pantainya tidak hanya didominasi oleh pasir tetapi juga batuan karang alami. Dari pantai ini kami dapat menikmati formasi pulau karang yang nampak dari Pantai Dung Dowo dengan jelas. Sayang sekali pantai ini sedikit kotor.

Pantai Benelan, Sepintas Pantai Benelan memiliki kenampakan yang mirip dengan Pantai Selok Kancil. Yang membedakan adalah keberadaan sejumlah batuan karang dengan bentuk yang unik.

Pantai Dungdowo memiliki dua pantai yang dipisahkan oleh tebing. Kedua pantainya dihubungkan oleh batuan karang yang tersusun alami. Untuk melaluinya harus ekstra hati-hati, sebab kondisinya licin dan kadang-kadang dihantam ombak. Secara umum pemandangan di pantai ini cukup indah. Pasirnya putih dan pantainya bersih. Di hadapan kami juga disuguhi oleh formasi pulau karang yang indah.

Pantai Selok Dadap, Pantai Selok Dadap memang tidak begitu luas, tetapi itu semua tak mengurangi keindahannya. Suasana di sini cukup lengang dengan deburan ombak yang tak begitu besar, mungkin akibat dari geografis pantainya yang membentuk teluk kecil. Pasir pantainya coklat muda sehingga tak menyilaukan mata. Memang tidak berkilau, namun cukup mampu menenangkan hati di hari yang semakin senja.

Pantai Selok Kancil, Secara umum Pantai Selok Kancil memiliki luas yang tidak terlalu luas. Dari sini kami dapat melihat aktivitas kapal-kapal nelayan yang berlayar dari Pantai Serang.

Pantai Keben, Pantai Keben ini merupakan salah satu keindahan yang dimiliki Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto. Di Desa ini ada sebanyak 10 pantai yang berjajar dari Barat ke Timur. Lokasinya yang berdekatan membuatnya bisa dikunjungi dalam waktu hampir bersamaan.

Pantai Princen, Pantai Princen terletak diantara Pantai Jebring dan Wedi Ireng. Pantai ini tidak hanya sulit di jangkau, tetapi juga tidak memiliki akses dan tak terlihat. Dari Jebring kita hanya akan meilhat tebing raksasa di sisi timur, nah di balik tebing itulah Pantai Princen berada. Akses tercepat menuju Princen adalah dengan berlari secepat mungkin untuk menghindari hantaman ombak di bawah tebing Pantai Jebring. Tapi hal tersebut sangat berbahaya, dan diperlukan moment yang tepat, yakni saat pasat tiba. Dan kabar bagusnya, pasat tidak akan datang setiap hari. Oleh karena itu dalam perjalanan menuju Princen ini kami memilih mencari akses jalan lain. Akses ini memang lebih aman, tapi tak mudah untuk melaluinya.

Pantai Wedi Ireng, Pantai Wedi Ireng terletak di sebelah timur Pantai Jebring, secara administratif berada di Desa Ngadipuro, Wonotirto, Kabupaten Blitar. Perlu diketahui bahwa pantai ini berbeda dengan Pantai Princen yang terlatak di timur persis dari Pantai Jebring. Perbedaannya meliputi lokasi, akses dan kenampakan. Pantai Wedi Ireng telah memiliki akses berupa jalan tanah, sedangkan akses menuju Princen adalah dengan menyusuri pinggiran tebing ketika laut tengah surut. Secara kenampakan, yang membedakan kedua pantai itu adalah adanya Goa pada Pantai Princen.

            9 pantai tersebut dapat menjadi daya dukung bagi Pantai Jebring untuk menjadi obyek wisata pantai.

Daftar sumber.
https://travellers2009.wordpress.com/tag/pantai-bakung/

https://www.google.co.id/search?q=gambar+pantai+bakung&espv=2&biw=1366&bih=599&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0CAYQ_AUoAWoVChMIt8yZqeSdxwIVlAeOCh2t7wgC#imgrc=cT2SGbK0iDrYqM%3A

1 Komentar :

Udie Su Bagiyo mengatakan...

Kecewa.. Terpaksa harus balik karena tidak bisa dilalui roda 4..

Search Our Site