Sabtu, 08 Agustus 2015

12.27 | by Smpn 2 Srengat | No comments
Perlunya Alat Transportasi Menuju Pantai Jebring


Sarana transportasi adalah pengangkutan yang dapat membawa para wisatawan dari tempat dimana ia biasanya tinggal, ke tempat yang merupakan tempat tujuan, seperti kapal, taksi, ojek dan lain - lain.
Sarana transportasi dibedakan menjadi tiga yaitu, sarana transportasi udara, sarana transportasi darat, dan sarana transportasi air. Yang akan dibahas pada artikel ini adalah transportasi darat untuk menuju wisata Pantai Jebring di Dusun Banyu Urip Desa Ngadipuro Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar (Blitar bagian Selatan).
Transportasi darat adalah segala bentuk transportasi menggunakan jalan untuk mengangkut penumpang atau barang. Bentuk awal dari transportasi darat adalah kuda, keledai atau bahkan manusia untuk membawa barang melewati jalan setapak. Seiring dengan berkembangkan perdagangan, jalan diratakan atau dilebarkan untuk mengakomodir aktivitas. Kemudian ditemukan roda.
Sebagian besar masyarakat Kabupaten Blitar belum terlalu mengetahui lokasi (letak) Pantai Jebring di Dusun Banyu Urip Desa Ngadipuro Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar. Maka mereka membutuhkan alat transportasi untuk menuju Pantai Jebring agar tidak tersesat sewaktu dalam perjalanan. Dan sampai tujuan dengan cepat dan lancar.
Akses  jalan menuju Pantai Jebring sudah tersedia. Tetapi banyak yang rusak berat kurang lebih sejauh enam kilometer, berbatu dan jalan tanah kurang lebih empat kilometer ke pesisir pantai. Pada saat hujan turun atau musim penghujan jalan di daerah Pantai Jebring tersebut becek dan licin. Sehingga berbahaya untuk para pengunjung Pantai Jebring. Sebaiknya jika anda ingin menuju ke Pantai Jebring pada saat cuaca cerah. Demi keselamatan saat berkunjung ke Pantai Jebring juga disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua (sepeda motor) karena jalan yang dilalui didominasi dengan bebatuan dan jalan tanah. Sangat tidak cocok untuk menggunakan kendaraan roda empat, kecuali apabila kendaraan offroad atau kendaraan yang cukup tinggi. Pastikan kendaraan yang akan digunakan dalam keadaan baik dan kuat.
Akses jalan menuju Pantai Jebring sebagai berikut. Dari Terminal Lodoyo, Desa Ngadipuro dapat dijangkau dengan mengikuti jalanan beraspal ke arah selatan menuju Ngeni. Lurus saja jika menemui monumen di pertigaan Pasar Ngeni. Beloklah ke kanan saat menjumpai pertigaan beringin. Ikuti terus rute tersebut hingga sampai di Dusun Banyu Urip. Selanjutnya, untuk menuju pantai – pantai di Desa Ngadipuro dapat berpatokan pada tugu SH Terate / SDN Ngadipuro. Untuk menuju pantai – pantai di Desa Ngadipuro direkomendasikan menggunakan sepeda motor. Koordinat Pantai Jebring adalah 8˚19'27ˮS dan 112°11'10"E.
Atau lebih singkatnya, rute untuk menuju ke Pantai Jebring dari Kota Blitar melalui Kecamatan Lodoyo kemudian ke selatan melewati Desa Ngeni kemudian menuju Desa Ngadipuro.
Jarak dari Kota Blitar menuju Pantai Jebring kurang lebih mencapai tiga puluh tujuh kilometer. Jika sulit menemukan Pantai Jebring anda bisa melihat peta pantai – pantai yang ada di Desa Wonotirto yang berada di sebelah Timur SDN Ngadipuro 03. Akses yang sudah tersedia adalah jalan, jembatan, petunjuk ke lokasi, denah, rambu – rambu.
Alat transpotasi itu sangat penting karena untuk mengantarkan para pengunjung dari tempat tinggalnya ke tempat tujuan. Diperlukan juga terminal untuk tempat pemberangkatan dan pemberhentian transpotasi tersebut (bus, angkutan umum dan lain - lain).
Seharusnya disediakan alat transportasi berupa kendaraan umum dari Lodoyo untuk para pengunjung yang ingin menuju Pantai Jebring agar pengunjung tidak mengalami kesulitan dan kendala saat berada dalam perjalanan ke Pantai Jebring.

Jadi alat transportasi menuju Pantai Jebring sangat berperan penting dalam akses menuju wisata Pantai Jebring.

0 Komentar :

Search Our Site