Senin, 10 Agustus 2015

13.04 | by Smpn 2 Srengat | No comments
Kondisi Terkini Pantai Jebring


           Desa Ngadipuro memang terkenal dengan 10 pantainya yang indah, salah satunya adalah Pantai Jebring. Pantai Jebring bisa dikatakan merupakan pantai terunik diantara pantai-pantai lain di Desa Ngadipuro. Jika rata-rata pantai di desa ini memiliki pasir berwarna putih, Pantai Jebring justru memiliki pasir berwarna hitam yang masih jarang .   Pantai Princen disaat - saat tertentu akan bersatu dengan Pantai Jebring dan Wedi Ireng, menjadi satu pantai raksasa. Hal tersebut hanya akan terjadi saat terjadi pasat maksimal. Sayangnya peristiwa tersebut sangat langka.
Pasir yang ada di kawasan ini berwarna hitam lantaran terdapat bijih besi yang beberapa waktu lalu sempat menjadi tambang biji besi namun kini sudah tidak ada. Dengan adanya tambang yang sesaat ini perlu disyukuri, karena dengan adanya tambang tersebut pihak penambang telah membuatkan jalan sehingga kendaraan roda dua dan roda empat bisa sampai di lokasi dengan lebih mudah. Pantai yang cukup luas dan berpasir hitam ini, sampai saat ini belum menjadi obyek wisata di Blitar. Oleh karena itu apabila mau ke Pantai Jebring ini Anda harus membawa bekal sendiri, karena tidak ada yang menjual apapun di pantai ini. Ada sebuah warung tetapi sudah tidak difungsikan, karena warung tersebut digunakan saat masih ada penambangan pasir hitam di Pantai Jebring.
Di sepanjang jalan menuju Pantai Jebring jika kita melihat kiri dan kanan akan terluhat tanaman tebu lengkap dengan petaninya yang menggendong botol air mineral, karena kebanyakan profesi penduduk di sekitar Pantai Jebring adalah petani tebu. Jarak dari pemukiman penduduk terdekat ± dua kilo meter dari pesisir Pantai Jebring. Penduduk di sana pun masih kesulitan untuk mendapatkan air, mereka harus membeli jika mereka membutuhkan air untuk kebutuhan sehari – hari. Kalau anda memang baik hati maka Anda bisa membantu mereka dengan membawa sembako dan dibagi – bagikan kepada penduduk – penduduk di sekitar Pantai Jebring.
Di sana pun juga masih belum ada fasilitas yang menunjang pariwisata pantai, yang ada hanya dua gazebo sederhana yang masih terbuat dari bamboo dan beratapkan daun tebu. selain gazebo, di sana juga sudah terlihat tanaman – tanaman yang baru ditanam. kalu membawa kendaraan kita juga harus membawanya melewati pasir pantai yang sulit sekali dilewati, karena belum tersedia tempat parkir di sana. Apabila anda ingin berenang pastikan anda benar – benar bisa berenang dan ombaknya saat itu tidak terlalu besar, karena di Pantai Jebring belum ada polisi atau penjaga pantai. atau apabila anda tidak bisa berenang, anda harus mengurungkan niat untuk masuk ke dalam air.
Di sebelah barat pantai juga ada sungai berair tawar yang sangat lebar dan jernih, mungkin jika anda ingin berenang anda bisa mencoba berenang di situ. Jangan lupa apabila Anda berkunjung ke Pantai Jebring bawalah teman yang banyak dan dapat dipercaya, karena Pantai Jebring masih sangat murni atau jarang terjamah oleh pengunjung. Bahkan airnya pun sangat jernih dan bersih tak seperti kebanyakan pantai pada umumnya, yang sudah banyak dikunjungi dan membuat pantai tersebut menjadi kotor dan banyak sekali sampah yang mengambang di air.

Jadi kesimpulannya, apabila Anda ingin berkunjung atau memiliki agenda liburan. Maka saya punya ssul untuk berlibur ke pantai jebring. tapi, jangan menggunakan kendaraan yang tidak bisa digunakan untuk menanjak. Jangan lupa pula membawa bekal makanan sendiri dan untuk disumbangkan ke penduduk – penduduk yang ada di sekitar Pantai Jebring. Saat di Pantai Jebring jangan sia – siakan kesempatan itu untuk mengabadikan foto di dekat batu karang besar yang ada di pinggir Pantai Jebring.

0 Komentar :

Search Our Site